Home ›› Tips ›› Cantik ›› Tren Rambut 2013

Tren Rambut 2013

Dibaca hari ini 10, Keseluruhan 2116 kali

Memasuki tahun 2013, para hair stylist mengeluarkan prediksi tentang tata rambut yang bakal jadi tren. Intip prediksi mereka.

Rudy Hadisuwarno, Back to 1940-an dan 1970-an
Penata rambut ternama Rudy Hadisuwarno menilai, di tahun 2013, gaya rambut yang populer di tahun 1940-an dan 1970-an akan kembali menjadi tren. Menurut Rudy, pada era 1940-an, perempuan ditampilkan romantik dan elegan. Sementara tahun 1970-an, penampilan perempuan lebih energik, berani, dan lincah.

bob asimetris

”Gaya rambut dari kedua era itu akan mewakili dua karakter perempuan Indonesia, feminin dan sporty,” ujar Rudy.
Tahun ini, Rudy sendiri lebih memilih mengandalkan ikon tatanan rambut Leave The Equipoise. Alasannya, guntingan asimetris pada poni yang tertata rapi dan memberikan kesan seksi itu, melambangkan sosok perempuan modern yang penuh percaya diri dan berani. Rudy memprediksi, model gaya rambut pendek tersebut akan sangat diminati kaum perempuan, khususnya penyuka rambut pendek.
”Guntingan rambut pendek asimetris lurus dan asimetris tajam yang ditata spike, juga akan populer,” ujarnya.
Sementara untuk rambut panjang, menurut Rudy, rambut panjang dengan gelombang pada ujung rambut dan samping kiri wajah akan populer di tahun ini. Rudy juga memperkirakan, kebanyakan perempuan ingin terlihat lebih feminin dengan gaya rambut mereka. Jadi, mereka tidak akan banyak memilih potongan rambut yang ekstrem.
Untuk tahun 2013, Rudy juga mengeluarkan tren sendiri, Gorgeous, yang berarti keren. ”Secara umum, gaya cutting dalam Gorgeous ini cukup sederhana, tapi ada sentuhan dramatis pada masing-masing gaya, baik dari segi penataan maupun pewarnaan. Jadi, meski sederhana tapi karakternya kuat,” terangnya.
Ia mencontohkan, gaya cutting bob dengan sentuhan asimetris yang terlihat funky, namun karena dipadukan dengan warna cenderung cokelat dan merah, akan memberi kesan alami.

Sugimartono, Sentuhan Layer pada Rambut Pendek dan Panjang
Tahun ini, penata rambut Sugimartono menilai sentuhan layer masih banyak diminati. Tidak hanya pada rambut pendek, tapi juga panjang. ”Jadi, untuk tahun 2013 ini, tren rambut yang berkembang memang tidak banyak berubah dari tahun 2012,” ujarnya.

layer pendek

Menurut hair stylist yang sudah belasan tahun berkecimpung di dunia tata rambut itu, sentuhan layer memang bisa mengoreksi atau menyamarkan kekurangan pada wajah.
Layer pada rambut panjang, misalnya, dapat menyamarkan pipi yang tembem atau chubby, sehingga wajah terlihat lebih tirus. Sementara layer pada rambut pendek model bob, bisa memberi kesan seksi.
”Jadi, sentuhan layer bisa diterapkan pada beragam karakter wajah. Yang penting percaya diri,” ujar Sugi, sapaan akrabnya.
Untuk tata rambut ke acara formal atau pesta, gaya sanggul masih menjadi pilihan tepat. Terutama, sanggul ringan dan tidak banyak sasakan, seperti french twist yang simpel dan mudah dibuat sendiri.
Sementara untuk pewarnaan rambut, menurut Sugi, warna-warna yang tidak mencolok akan banyak diminati. Misalnya, rambut dengan warna dasar hitam yang diberi highlight cokelat atau kemerahan. Juga, blue back.
Meski tren rambut banyak ditawarkan, Sugi menyarankan agar tetap memilih cutting dan warna rambut sesuai dengan bentuk wajah dan warna kulit. ”Boleh-boleh saja mengikuti tren, asalkan sesuai dengan usia dan memang pantas mengadopsi tren tersebut,” ujar Sugi mengingatkan.

Andiyanto, Bob Asimetris dan Finger Wave
Senada dengan Rudy Hadisuwarno, Andiyanto menilai gaya rambut yang bakal jadi tren tahun 2013 adalah potongan rambut pendek gaya bob asimetris. Sebab, gaya rambut seperti itu terkesan simpel, dinamis, dan energik.

finger wave

”Gaya rambut pendek model bob asimetris itu banyak dipilih oleh perempuan aktif, yang selalu ingin terlihat simpel dan dinamis,” ungkap Andiyanto.
Meski begitu, tidak sedikit juga perempuan yang masih ingin mempertahankan rambut panjangnya. Namun, untuk memberi kesan lebih muda, Andiyanto menyarankan agar mereka menambahkan bob di bagian belakang dan poni depan. ”Gaya rambut seperti itu terinspirasi gaya rambut Cleopatra,” ucapnya.
Untuk tatanan rambut ke acara formal atau pesta, menurut Andiyanto, gaya finger wave masih akan tetap diminati. Dengan sanggul simpel dan tatanan rambut finger wave di bagian poni atau rambut depan, akan memberikan gaya klasik ala awal tahun 70-an.
Sementara untuk tren warna rambut, menurut Andiyanto, rambut warna kemerahan dengan highlight atau warna gelap dengan highlight terang, seperti merah marun atau blonde, akan banyak diminati. *Dyah/Uli/foto: net

About tabloid nyata

tabloid nyata
Tabloid Nyata Adalah tabloid mingguan yang menyajikan beragam berita hiburan untuk keluarga.Dikemas dengan bahasa yang mampu menggugah perasaan