Home ›› Tips ›› Cantik ›› Mengatasi Sunburn

Mengatasi Sunburn

Dibaca hari ini 7, Keseluruhan 728 kali

Kondisi kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn) sebenarnya bisa diatasi dengan cara-cara mudah. Bagaimana caranya?

Paparan sinar matahari bisa membakar kulit hingga menyebabkan kondisi sunburn, karena itu, jangan membiarkan kulit Anda tanpa perlindungan ketika berada di luar rumah saat matahari bersinar.

Namun, jika problem sunburn sudah terjadi, Anda perlu mengetahui cara tepat mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi sunburn yang masih ringan atau sedang:
- Untuk mendinginkan area kulit yang terbakar, berikan kompres dingin dengan waslap lembut yang direndam dalam larutan yang dibuat dari satu sendok makan cuka putih yang dicampur merata dengan satu liter air.

- Untuk meredakan gatal-gatal yang berat atau nyeri, gunakan kortikosteroid topikal atau bius lokal yang akan menenangkan iritasi. Aspirin juga baik karena tidak hanya menghilangkan rasa sakit, tetapi juga akan memiliki efek anti-inflamasi.

- Ketika mandi jangan biarkan aliran air jatuh langsung ke area yang mengalami sunburn. Meskipun kebersihan harus dijaga secara ketat, hindari penggunaan sabun wangi, kosmetik, parfum, dan lain-lain.
Pastikan menjaga kelembaban area ini sebaik-baiknya untuk mencegah terbentuknya keropeng. Penggunaan produk-produk perawatan kulit after-sun sangat penting, tapi ingat Anda juga perlu minum banyak air untuk menggantikan cairan yang hilang.

- Hindari paparan sinar matahari ketika kulit yang mengalami sunburn masih dalam proses pemulihan. Pastikan Anda tidak pernah lupa menggunakan tabir surya. Juga selalu kenakan topi, payung, dan pelindung tubuh lainnya ketika beraktivitas di luar ruangan. *Lutfi/bbs/foto:net

About tabloid nyata

tabloid nyata
Tabloid Nyata Adalah tabloid mingguan yang menyajikan beragam berita hiburan untuk keluarga.Dikemas dengan bahasa yang mampu menggugah perasaan