Home ›› Tips ›› Cantik ›› Menata Rambut sesuai Jenis dan Tekstur

Menata Rambut sesuai Jenis dan Tekstur

Dibaca hari ini 59, Keseluruhan 14851 kali

Tak jarang wanita kesal dengan jenis dan tekstur rambutnya, sehingga memilih cara praktis, yaitu mengubah tekstur atau memotong rambut. Bagaimana menghindarinya tanpa harus mengubah atau memotong rambut?

Ternyata mengatasi jenis atau tekstur rambut yang dianggap kurang bagus tidak hanya dengan mengubah atau memotong rambut. Berikut ini tips dari hair dresser, Andiyanto untuk menata rambut sesuai dengan jenis dan tekstur.

Mengembang
Untuk rambut mengembang, bisa mencoba menata rambut dengan gaya cepol atau ponytail dengan teknik curly.
Gaya cepol cukup dengan menyisir seluruh rambut ke belakang, kemudian mengangkat hingga bagian tengah atau samping kepala, kemudian diikat. Selanjutnya, bentuk cepol dengan cara menggulung dan menutup menggunakan hair net. Jangan lupa semprotkan hair spray agar tatanan rambut lebih rapi dan tahan lama.
Sedang untuk gaya ponytail cukup dengan menyisir seluruh rambut ke belakang, mengangkat dan mengikatnya di tengah. Sementara gaya curly cukup dilakukan menggunakan curling iron agar rambut jadi ikal.

Tipis
Agar rambut kelihatan lebih tebal, Andiyanto menyarankan untuk mencoba teknik sasak di bagaian rambut atas atau dalam, kemudian ditata dengan gaya klasik.
”Atau, bisa juga mencoba gaya curly, menggunakan curling iron kecil. Setelah rambut di-curly, selanjutnya bentuk menggunakan jemari, sehingga curly tampak lebih natural dan mengembang,” kata Andiyanto.

Tebal
Untuk tampilan sehari-hari, memang lebih cocok diurai. ”Namun, tentu harus membuat rambut terkesan lebih ramping atau tipis. Salah satunya menggunakan alat catok,” ujarnya.
Sedang untuk menghadiri acara khusus, seperti pesta, Andiyanto menyarankan untuk menata rambut tebal dengan gaya kepang.

Keriting
Rambut keriting sebenarnya cukup diurai agar kesan femininnya lebih menonjol. Caranya, cukup menggunakan gel rambut agar tampak messy look. Atau bisa juga menambahkan aksesori rambut sebagai penghias.
Namun, bila ingin menata rambut keriting agar tampak lebih rapi, bisa menggunakan teknik ikat. Misalnya, dengan mengikat rambut setengah bagian atau keseluruhan agar tampak lebih rapi, namun tetap memperlihatkan keindahan rambut keriting.

Lurus
”Bila ingin rambut tetap diurai tapi ada sedikit variasi, tambahkan aksesori rambut, seperti bando, penjepit, atau bandana,” saran Andiyanto.
Tapi, bila ingin tampak lebih rapi dan normal, ia menyarankan untuk menata rambut lurus dengan gaya ponytail. Caranya, cukup mengikat rambut hingga bagian tengah kepala dan tambahkan gunakan hair pieces bulu atau penjepit bunga atau mutiara yang simpel agar tampak lebih cute. *Uli/foto: Doni

About tabloid nyata

tabloid nyata
Tabloid Nyata Adalah tabloid mingguan yang menyajikan beragam berita hiburan untuk keluarga.Dikemas dengan bahasa yang mampu menggugah perasaan