Home ›› Tips ›› Cantik ›› Awas, Ancaman Bahan Berbahaya Kosmetik!

Awas, Ancaman Bahan Berbahaya Kosmetik!

Dibaca hari ini 25, Keseluruhan 1263 kali

Mulai sekarang lebih perhatian yuk, dengan alat-alat kosmetik dan bahan-bahannya yang terkandung di dalamnya. Apa saja sih dan apa dampaknya bagi tubuh?

Tidak hanya saat membeli makanan, perlu melihat labelnya. Tapi, saat membeli kosmetik pun sebaiknya memperhatikan labelnya. Sebab, beberapa bahan kimia tertentu bisa mengandung racun yang berbahaya. Berikut ini bahan-bahan tersebut:
Paraben
Ini adalah bahan kimia sintetis yang digunakan sebagai bahan pengawet untuk menghentikan pertumbuhan bakteri, jamur dan ragi.
Sering terdapat di: Krim pelembab, deodoran, dan tabir surya.
Dampak buruk:
Mengganggu sistem hormon tubuh. Studi menunjukkan bahwa paraben menghasilkan efek seperti estrogen, yang ditengarai sebagai salah satu pemicu kanker payudara dan tumor.

Talc
Talc punya banyak kegunaan, termasuk sebagai bahan pengering.
Sering terdapat di: Bedak tubuh dan bedak bayi.
Dampak buruk:
Talc sudah sejak lama diketahui menyimpan risiko kesehatan. Bahan ini tidak hanya dikaitkan dengan kanker paru, tapi riset juga menunjukkan bahwa penggunaan talc di area pinggul meningkatkan risiko kanker indung telur pada wanita.

Formaldehyde
Ini adalah zat pengawet yang mudah bercampur dengan air. Zat ini juga punya fungsi disinfektan, pembasmi kuman, dan pembasmi jamur. Zat ini telah dikelompokkan sebagai suatu karsinogen (pencetus kanker) dan dilarang di berbagai negara, termasuk Swedia.
Sering terdapat di: sampo, shower-gel, dan hand wash (lotion pencuci tangan).
Dampak buruk: Memicu alergi, asma, dan sakit kepala.

Minyak Mineral
Juga dikenal sebagai petrolatum, minyak mineral adalah salah satu turunan dari petroleum dan digunakan dalam produk-produk kecantikan untuk melembabkan kulit.
Sering terdapat di: Krim pelembab wajah, body lotion.
Dampak buruk:
Bahan ini menghasilkan lapisan semacam film yang menutupi pori-pori, sehingga menyebabkan fungsi kulit terganggu.

Sodium Lauryl Sulphate (SLS)
SLS adalah suatu bahan yang lapisan permukaannya aktif dan bahan menyebabkan terbentuknya foam (busa) dan buih.
Sering terdapat di: sampo, sabun pencuci tangan, dan sabun mandi cair.
Dampak buruk:
Sekali menembus kulit, SLS terkumpul di liver, paru-paru, otak, dan jantung. Jika bercampur dengan bahan kimia lain, SLS menjadi bahan karsinogenik. SLS juga bersifat mengiritasi kulit, menyebabkan kerusakan kornea mata pada orang dewasa dan kerusakan mata jangka-panjang pada anak-anak di bawah usia 6 tahun.

Phthalates
Bahan ini digunakan untuk membantu menstabilkan senyawa-senyawa minyak wangi. Bahan ini dilarang di Uni Emirat Arab.
Sering terdapat di: deodoran, produk perawatan rambut, aftershave lotion, produk perawatan rambut, parfum, dan make up.
Dampak buruk:
Bisa mengurangi kesuburan pada wanita dan mengurangi kemampuan sistem reproduksi pada keturunan mereka. Juga mengubah keseimbangan hormonal tubuh dan memicu asma. *lutfi/bbs/foto: net

About tabloid nyata

tabloid nyata
Tabloid Nyata Adalah tabloid mingguan yang menyajikan beragam berita hiburan untuk keluarga.Dikemas dengan bahasa yang mampu menggugah perasaan