Home ›› Serba-serbi ›› 6 Persiapan Sebelum Sidang Skripsi

6 Persiapan Sebelum Sidang Skripsi

Dibaca hari ini 26, Keseluruhan 2485 kali

Siapa yang tidak stres menjelang sidang skripsi? Apa sajakah yang perlu dipersiapkan sebelum kita menghadapi sidang skripsi agar proses pengujian berjalan dengan lancar dan hasilnya juga maksimal?

1. Judul Skripsi.

Pahami sungguh-sungguh apa latar belakang kamu memilih judul skripsi. Mayoritas penguji skripsi pasti menanyakan ini. Tiga dari tiga penguji (alias semuanya) akan menanyakan pertanyaan ini.

2. Alasan Logis.

Buat setiap alasan Anda logis atau mempunyai referensi, kalau perlu tunjukan referensinya. Ini bertujuan agar Anda menang dalam setiap argumen. Skripsi kan karya ilmiah, maka kemukakanlah pendapat Anda dengan runut dan logis. Jangan membuat penguji sidang skripsi Anda mengerutkan jidat.

3. Pede.

Percaya diri adalah hal terpenting menghadapi apapun dalam hidup. Dalam sidang skripsi, terkadang penguji tidak lebih pintar dari kita lho. Biasanya judul yang kita pilih dan kita pelajari berbulan-bulan dalam pembuatan skripsi, tidak sesuai atau berbeda dengan kemampuan dosen. Lho kok bisa gitu? Dosen bisa saja ahli dalam mata kuliah tertentu, tetapi belum tentu pemahamannya mendalam dalam pembahasan tertentu. Karena terkadang tidak terlalu mendalam, biasanya dosen hanya menanyakan alur pikir skripsinya saja. Kalau logis, pasti diterima.

4. Penguasaan Seluruh Isi.

Pahami alur pikir tiap bab dalam skripsi Anda. Tidak perlu hafal tiap detail materi. Cukup alur pikirnya saja.

5. Kenali Karakter Dosen Penguji.

Dosen bisa dikenali dari caranya bergaul dan mengajar waktu kuliah. Atau kalau mau lebih jelas tanyakan pada senior tentang bagaimana karakter dosen tersebut ketika menguji pada sidang skripsi tahun-tahun lalu.

6. Jaga kesehatan.

Jika semua persiapan telah dilakukan tetapi kesehatan badan terabaikan, rasanya semua persiapan juga akan menjadi sia-sia saja. Untuk mendapatkan stamina yang baik dalam menghadapi sidang skripsi, ada baiknya kita tidur cukup dan mengonsumsi vitamin agar konsentrasi juga terjaga maksimal. (wiwin hendra)

About tabloid nyata

tabloid nyata
Tabloid Nyata Adalah tabloid mingguan yang menyajikan beragam berita hiburan untuk keluarga.Dikemas dengan bahasa yang mampu menggugah perasaan