Home ›› Rekarasa ›› Merawat Gelas Anggur

Merawat Gelas Anggur

Dibaca hari ini 9, Keseluruhan 1000 kali

Mungkin, mencuci gelas anggur tampak sepele. Padahal, dibutuhkan trik berbeda untuk memastikan bahwa gelas benar-benar bersih dan tidak tercemar, atau muncul bintik-bintik air pada permukaan gelas sebagai sisa dari tuangan anggur dalam gelas.

Menggunakan Sabun
Tambahkan satu tetes sabun khusus untuk mencuci piranti saji yang ringan dalam setiap gelas yang dicuci. Cuci dan basuh dengan lembut menggunakan air hangat. Ulangi bila noda anggur masih membekas. Bilas hingga bersih dan gelembung sabun tidak tersisa. Sabun dapat mengganggu aroma dan rasa anggur.

Menggunakan Baking Soda
Hanya digunakan untuk mencuci gelas berbahan kristal. Campur baking soda dengan air hangat, gunakan untuk membersihkan gelas dengan cara memutar secara lembut. Baking soda akan membersihkan dan menyerap sisa noda anggur. Meski perlu waktu yang lebih lama, tetapi hasilnya terlihat lebih kinclong.

Menggunakan Mesin Pencuci Piring
Ini hanya untuk gelas anggur bertangkai rendah. Gunakan detergen lebih sedikit dari yang disarankan. Mesin akan membersihkan gelas dan mengeringkannya. Setelahnya, bersihkan secara perlahan dengan handuk lembut dan kering.

Membilas
Bilas gelas dengan air hangat hingga semua sisa anggur lenyap. Jangan mengeringkan gelas dengan handuk atau kain. Cukup anginkan hingga kering, setelahnya bisa dibersihkan dengan handuk atau kain kering.

Menyimpan Gelas Anggur
Gelas anggur sebaiknya disimpan terpisah dari gelas jenis lain, dan digantung terbalik untuk menjaganya agar tidak rusak dan pecah. Beri jarak sekitar 3 cm tiap tatanan gelas.
Gelas anggur berbahan kristal membutuhkan perawatan lebih. Jauhkan dari sumber bau, termasuk mesin pembuat kopi, lemari bumbu, rempah, dan bahan lainnya. Kristal memiliki pori-pori yang lebih banyak dan padat dibandingkan kaca. Jadi, dapat menyerap bau dan menularkan ke anggur yang dituangkan dalam gelas.
Simpan gelas anggur dalam tempat berventilasi baik. Terutama, bila ada perokok yang ikut menggunakan gelas tersebut. Asap tembakau yang menempel pada permukaan gelas dapat membuat anggur cepat rusak dan rasanya asam. *Bbs/Umar/foto: net

About tabloid nyata

tabloid nyata
Tabloid Nyata Adalah tabloid mingguan yang menyajikan beragam berita hiburan untuk keluarga.Dikemas dengan bahasa yang mampu menggugah perasaan