Home ›› Rekarasa ›› Kreatif Mengatur Dapur

Kreatif Mengatur Dapur

Dibaca hari ini 4, Keseluruhan 8677 kali

Dapur yang nyaman dan menyenangkan tergantung dari cara Anda mengaturnya.

Dengan mengatur dapur menjadi rapi dan selalu bersih akan memudahkan saat memasak. Karena dengan mudah Anda akan menemukan barang maupun bahan yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa ide mengatur dapur yang bisa dicoba untuk membuat daour semakin nyaman, rapi dan menyenangkan:

1. Beri tempat untuk buku masakan

Buatlah rak khusus untuk tempat buku masakan anda. Selain memudahkan anda ketika membaca resep saat memasak juga untuk menghindari buku anda dari kelembaban dan terhindar panas dari kompor.

2. Mulailah menggantung

Mulailah membuat gantungan untuk menggantung celemek, panci bahkan handuk khusus di dapur. Pastikan jarak gantungan aman dari kompor dan mudah dijangkau.

3. Pemilihan tempat untuk perabotan

Aturlah perabotan dapur agar rapi. Pilihlah tempat yang sesuai dengan piranti-piranti tersebut dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau serta aman. Misalnya, atur pisau di kotak khusus pisau, atau susun bumbu kering dalam set kabinet kecil. Dengan begitu Anda tidak akan kebingungan ketika membutuhkan piranti dan bahan tersebut saat memasak.

4. Tempatkan peralatan yang serupa

Gunakan lemari tersendiri yang dapat digunakan untuk menyimpan peralatan dengan jenis yang sama. Misalnya penyimpanan loyang yang tentu saja membutuhkan tempat yang lebih lebar untuk memuat berbagai macam loyang yang anda miliki.

5. Mengatur tempat memasak

Buatlah tempat memasak (tempat persiapan pengolahan) sedekat mungkin dengan kompor dan gantungan peralatan masak jika memungkinkan untuk memudahkan ketika memasak. Jadi Andapun juga menghemat waktu ketika proses persiapan maupun memasak karena tempatnya berdekatan.

6. Simpan plastik

Selalu siapkan plastik dan plastik wrap di lemari bahan. Plastik dan platik wrap berguna untuk membungkus kelebihan masakan atau bahan yang terlanjur di racik. Dengan begitu bahan atau sisa makanan tinggal disimpan dalam kulkas.

7. Simpanlah perkakas dengan tepat

Buatlah tempat atau rak atau dapat juga laci sebagai tempat khusus, untuk menyimpan perkakas, seperti sendok sayur, parut keju, cetakan buah, pembuka kaleng dan lain-lain.  Selain agar tidak tercecer juga untuk memudahkan  ketika membutuhkan perkakas saat memasak.

8. Sediakan tempat penyimpanan kotak plastik

Sediakanlah rak atau laci untuk menyimpan beragam kotak plastik, seperti lunch box, kotak bumbu dan stoples plastik. Piranti seperti ini mudah tergores bila disimpan bersamaan dengan peralatan lain, terutama yang terbuat dari logam. Agar peralatan rapi, susun peralatan dari plastik ini secara bersusun. Mulailah dengan yang ukuran besar dibagian bawah dan seterusnya.

9. Kotak Khusus Penutup

Buatlah rak atau laci untuk menyimpan segala macam penutup peralatan. Seperti tutup botol dan tutup panci. Dengan menyimpannya secara rapi juga akan memudahkan ketika Anda membutuhkan tutup.

10. Buatlah rak geser

Rak geser yang dilengkapi dengan roda selain dapat mengirit tempat juga akan memudahkan untuk menggunakannya.

11. Pembagian laci

Gunakanlah laci yang tersedia dalam dapur untuk memisahkan masing-masing jenis peralatan. Dengan menyimpan satu jenis peralatan pada satu laci akan memudahkan saat  mencarinya.

Anda tidak perlu membongkar semua laci peralatan ketika membutuhkan peralatan tersebut.

12. Pencahayaan yang baik

Memasak tentunya membutuhkan pencahayaan yang baik. Meskipun meja memasak anda berada di bawah lemari cabinet, haruslah tetap mendapatkan cahaya matahari secara langsung. Atau pun mendapatkan cahaya dari lampu dengan baik. Jadi tempatkanlah lampu dengan tepat agar dapat menjangkau keseluruhan area dapur anda.

13. Gunakan sistem warna

Jika Anda memiliki serangkaian peralatan dapur dengan pilihan warna, anda sekaligus dapat menggunakannya sebagai tempat menghidangkannya. Makanan lezat dengan tempat saji yang menarik akan mendapat nilai tambah tersendiri. Susun dan rapikan piranti tersebut sesuai dengan warnanya.

14. Memilih dan menata piranti saji

Pilih piranti makan china ware berbahan glass untuk menyajikan beragam menu favorit keluarga. Gunakan keranjang terbuka sebagai tempat untuk menghidangkan roti atau buah segar.

Simpan dan susun piranti saji dalam laci atau rak khusus. Jauhkan posisi rak untuk piranti saji dengan rak untuk alat memasak. Sebaiknya dekatkan rak alat saji dengan meja makan atau dengan ruang makan. Dengan begitu saat Anda membutuhkan piranti saji, tidak perlu bola-balik dapur ke ruang makan.

15. Menyusun jenis makanan

Susunlah bahan makanan  seperti bumbu dapur, bahan makanan kering, maupun bumbu bubuk dalam satu rak khusus. Selain agar aroma rempah tidak tercampur pada bahan makanan yang lain,  juga agar lebih mudah menemukannya saat membutuhkan.

16. Stoples kaca untuk camilan

Pertimbangkan untuk menggunakan stoples kaca tembus pandang sebagai tempat camilan si kecil yang dilengkapi dengan tutup yang berbunyi ‘klik’ untuk memastikan tutup telah terkunci dengan sempurna.

Dengan begitu camilan akan lebih awet dan tetap renyah. Selain itu dengan tempat yang tembus pandang juga sebagai ‘pengingat’ terhadap jumlah sisa makanan di dalamnya.

18. Buat catatan tanggal kadaluarsa

Supaya bahan makanan yang lama dan telah kadaluarsa tidak diolah kembali. Buatlah tanggal atau daftar pembelian dan tanggal kadaluarsanya. Tempelkan sebuah papan kecil ataupun secarik kertas tebal pada lemari penyimpanan bahan untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa bahan-bahan makanan tersebut.

Atau anda juga dapat menuliskan waktu bahan tersebut ketika anda beli. Sehingga anda akan mengetahui batas waktu penggunaan bahan yang telah ditentukan.

19. Gantunglah panci

Agar tidak membutuhkan banyak tempat seperti lemari untuk menyimpan panci, anda dapat menggantung panci sekaligus merapikannya. Misalnya panci ukuran besar berada di bawah gantungan panci berukuran kecil. Jadi andapun juga mudah untuk memilih panci sesuai dengan kebutuhan.

20. Gunakan book stand

Ketika memasak dan anda membutuhkan buku panduan memasak. Anda dapat mencoba penahan buku yang bisa ditarik dan dimasukkan lagi  pada rak buku. Dengan alat ini, Anda tidak sulit lagi untuk membaca resep saat memasak karena Anda dapat mengatur sesuai dengan ketinggian mata. Ketika anda selesai memasak, cuukp lipat kembali alat ini dan masukkan dalam rak.

21. Papan pencatat

Untuk memudahkan dan mengingatkan kegiatan anda di dapur, gunakan papan untuk mencantumkan ‘to do list’ yang dilengkapi dengan kalender. Atau bahkan juga memungkinkan dapat memuat nomer telepon toko bahan kue atau supermarket yang sewaktu-waktu Anda butuhkan saat memasak. *bbs/foto: net



About tabloid nyata

tabloid nyata
Tabloid Nyata Adalah tabloid mingguan yang menyajikan beragam berita hiburan untuk keluarga.Dikemas dengan bahasa yang mampu menggugah perasaan