Home ›› Koridor Hukum ›› Penggelapan dalam Jabatan

Penggelapan dalam Jabatan

Dibaca hari ini 7, Keseluruhan 5139 kali

Saya bekerja di sebuah pabrik benang sebagai staf divisi keuangan. Saya memiliki permasalahan dengan kepala divisi yang menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi. Tindakan ini sudah sering terjadi dan merugikan keuangan perusahaan dengan nilai yang cukup besar.
Dia mengubah laporan keuangan saya sebelum diserahkan kepada direktur keuangan. Langkah apa yang harus saya lakukan? Apalagi saya selalu disangka turut menggunakan uang tersebut oleh divisi-divisi lain.

RonaldKarawang

Kami turut prihatin dengan tekanan pekerjaan yang sedang Anda alami sekarang ini. Kepala divisi keuangan Anda telah melakukan sebuah tindakan pidana karena kekuasaan dalam jabatannya. Pasal 374 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) berbunyi,
Penggelapan yang dilakukan oleh orang yang penguasaannya terhadap barang karena ada hubungan kerja atau karena pencarian atau karena mendapat upah untuk itu, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun.”
Dengan menjabat sebagai kepala divisi, maka orang tersebut dapat menggunakan kekuasaannya mengubah data keuangan untuk kepentingan pribadinya.
Untuk melaporkan tindakan kepala divisi Anda tersebut, Anda tidak perlu meminta surat kuasa kepada direktur perusahaan. Dalam Pasal 108 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) ayat (1) berbunyi,
Setiap orang yang mengalami, melihat, menyaksikan dan atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana, berhak untuk mengajukan laporan atau pengaduan kepada penyelidik dan atau penyidik, baik lisan maupun tertulis.
Bahkan, pada Pasal 108 ayat (2) dikatakan,
Setiap orang yang mengetahui permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana terhadap ketenteraman dan keamanan umum atau terhadap jiwa atau terhadap hak milik, wajib seketika itu juga melaporkan hal tersebut kepada penyelidik atau penyidik.
Pasal 108 ayat (2) ini lebih mempertegas, bahwa dengan mengetahui telah terjadi permufakatan jahat terhadap hak milik, wajib seketika itu juga melaporkan hal tersebut kepada penyidik atau penyelidik.
Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat membatu permasalahan yang sedang Bapak hadapi. Terima kasih.
Diasuh oleh Hotma P.D. Sitompoel, S.H., M.Hum dan LBH Mawar Saron/foto: net

About tabloid nyata

tabloid nyata
Tabloid Nyata Adalah tabloid mingguan yang menyajikan beragam berita hiburan untuk keluarga.Dikemas dengan bahasa yang mampu menggugah perasaan