Hot! Mengatasi Gangguan Akibat Hormon

Pada kondisi tertentu, hormon yang sangat penting dalam menjaga kesehatan, bisa berubah jadi pengganggu. Seperti apa gangguan tersebut?

Menurut dr Heru Wijono SpPD, kekurangan atau kelebihan hormon, bisa menjadi pengganggu bagi kesehatan, di antaranya adalah:
- Jerawat
Peningkatan kadar hormon estrogen, misalnya pada masa pubertas, menjelang menstruasi, saat hamil hingga pascamelahirkan bisa memicu munculnya jerawat.
Solusi:
Diperlukan pengobatan khusus di bawah pengawasan dokter. Sedang untuk jerawat karena perubahan hormonal akibat siklus bulanan atau pramenstruasi, tidak diperlukan perlakuan khusus, karena akan sembuh dengan sendirinya.

- Stres dan Gelisah
Peningkatan hormon adrenalin bisa memicu stres yang ditandai meningkatkan denyut jantung, keringat di telapak tangan berlebih, kadar gula darah naik, produksi asam lambung meningkat, dan pengosongan lambung.
Solusi:
Untuk mengatasi stres akibat meningkatnya adrenalin, Heru menyarankan mengatur gaya hidup dan me-manage stres dengan baik. Sedang untuk mengatasi stres akibat kadar hormon thyroid berlebih, diperlukan terapi dari dokter.

- Mood Tidak Stabil
Mood yang tidak stabil atau naik-turun sangat dipengaruhi oleh hormon reproduksi, yaitu estrogen dan progesteron. Ketidakstabilan mood ini sangat terlihat pada ibu hamil, pascamelahirkan, dan menjelang menopause.
Solusi:
Mengatasi mood yang tidak stabil akibat perubahan hormonal bisa dilakukan dengan mengatur pola makan dan mengonsumsi suplemen sesuai petunjuk dokter.

- Hilang Gairah Seksual
Hilangnya gairah seksual juga bisa disebabkan faktor hormonal. Penyebab lain karena konsumsi pil kontrasepsi yang tidak tepat.
Solusi:
Jika penyebabnya ketidakcocokan pemakaian pil kontrasepsi, Heru menyarankan untuk beralih ke kontrasepsi yang tidak mengandung hormon, misalnya spiral.

- Gangguan Tidur
Penyebab utama seseorang mengalami gangguan tidur atau insomnia, adalah terganggunya produksi hormon thyroid atau adrenalin, serta terganggunya kerja kelenjar pineal.
Solusi:
Untuk mengatasi gangguan sulit tidur, Heru menyarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab pastinya.

Imbangi dengan Pola Hidup Sehat
Jika penurunan kadar hormon di dalam tubuh disebabkan faktor pertambahan usia, hal tersebut bisa diminimalkan dengan menjaga asupan makanan yang baik, tidak merokok, berolahraga, dan menghindari stres. *Ayun/foto:net