Sampo Tepat untuk Rambut

Banyaknya produk sampo yang dijual di pasaran, yang menawarkan keunggulan sendiri-sendiri, tentu membuat kita bingung memilihnya. Lalu, bagaimana cara memilih sampo yang tepat?

Menurut dr Dewi Inong Irana SpKK, memilih sampo itu sebaiknya tidak hanya menyesuaikan dengan jenis rambut. Tapi, yang lebih penting lagi adalah menyesuaikan dengan kulit kepala.

Dijelaskan Inong, jenis kulit kepala pada dasarnya mirip dengan jenis kulit wajah, yaitu ada yang kulit kepalanya berminyak, kering, dan normal. Sedangkan, jenis rambut dapat dibedakan menjadi empat, yaitu normal, kering, berminyak, dan rambut rusak.

Inong menyarankan untuk memilih sampo yang terpisah dari kondisioner, karena kebutuhan setiap rambut berbeda. Berikut beberapa tips memilih sampo sesuai jenis rambut, seperti berikut ini:

1. Rambut Berminyak
Untuk rambut dan kulit kepala berminyak, hindari menggunakan sampo atau kondisioner yang terlalu berat dan terlalu banyak mengandung lemak, seperti sampo 2 in 1 atau 3 in 1. Sebab, sampo seperti itu akan membuat kulit kepala dan rambut tambah berminyak, sehingga menimbulkan ketombe.
”Gunakan saja sampo yang berlabel clarifying. Sampo jenis itu efektif membersihkan minyak yang menempel pada rambut. Atau, gunakan sampo jenis mint atau yang mengandung Aloe vera atau lidah buaya untuk mendinginkan kepala lebih dingin,” terang Inong. Untuk rambut berminyak, sebaiknya cuci setiap dua hari sekali.

2. Rambut Kering
Inong menyarankan untuk menggunakan sampo dan kondisioner yang melembabkan. Atau, pilih sampo jenis dry therapy yang mampu mengembalikan kelembaban rambut.
Berilah perawatan deep conditioner sekali seminggu dan gunakan kondisioner hanya pada batang dan ujung rambut. Rambut kering sebaiknya sebaiknya tidak dicuci setiap hari, karena akan mengikis minyak alamiah di kulit kepala.

3. Rambut Normal
Untuk rambut normal, Inong menyarankan menggunakan sampo jenis daily therapy agar rambut terasa lebih lembut dan indah. Disarankan mencuci rambut 3-5 hari sekali. Sebab, rambut memerlukan sebum (minyak) sebasea yang diproduksi kelenjar kulit kepala untuk melapisi dan memproteksi rambut, sehingga rambut tetap bersinar, tidak kering, dan tidak pecah-pecah. *Naomi/foto:net